1 Lusin - Berapa Banyak dan Contohnya

Oct 22, 2018
Casino Indonesia

1 lusin adalah istilah yang sering kita dengar sehari-hari. Tetapi, apakah Anda benar-benar tahu berapa banyak jumlah yang sebenarnya terkandung dalam 1 lusin? Bagaimana cara menghitungnya? Dan apa saja contoh benda atau objek yang biasanya diukur dengan satuan 1 lusin?

Apa Itu 1 Lusin?

1 lusin merupakan satuan pengukuran yang biasanya digunakan untuk menyatakan kuantitas dari suatu objek dalam jumlah yang tidak terlalu sedikit, tapi juga tidak terlalu banyak. Secara matematis, 1 lusin setara dengan 12 buah.

Cara Menghitung 1 Lusin

Untuk menghitung berapa banyak jumlah yang terkandung dalam 1 lusin, Anda tinggal mengalikan angka 12 dengan unit atau objek yang ingin Anda ukur. Misalnya, jika Anda ingin mengetahui berapa banyak 1 lusin apel, maka Anda akan memiliki 12 apel.

Contoh Penggunaan 1 Lusin

1 lusin dapat diterapkan pada berbagai macam benda atau objek sehari-hari. Beberapa contoh penerapan dari satuan 1 lusin termasuk:

1. 1 Lusin Telur

Jika Anda membeli 1 lusin telur, maka Anda akan mendapatkan 12 buah telur dalam satu kemasan.

2. 1 Lusin Pensil

Sebuah kotak berisi 1 lusin pensil akan memiliki total 12 pensil di dalamnya.

3. 1 Lusin Kue

Jika Anda memesan 1 lusin kue, maka Anda akan mendapatkan 12 buah kue dalam satu paket.

Kesimpulan

Dengan demikian, 1 lusin adalah satuan pengukuran yang setara dengan 12 buah. Penggunaan satuan ini sangat berguna untuk menghitung jumlah objek dalam jumlah sedang yang tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.