Hukum Newton 1: Pengantar

Feb 7, 2022
Casino Indonesia

Hukum Newton 1, atau dikenal sebagai hukum inersia, adalah salah satu konsep dasar dalam ilmu fisika yang dirumuskan oleh ilmuwan terkenal Sir Isaac Newton. Hukum ini menyatakan bahwa suatu benda akan tetap dalam keadaan diam atau bergerak lurus dengan kecepatan konstan, kecuali jika terjadi gaya eksternal yang bekerja padanya.

Contoh Hukum Newton 1 dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah 10 contoh penerapan Hukum Newton 1 dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Mobil yang Berhenti Mendadak
  2. Ketika Anda mengemudikan mobil dan melakukan pengereman mendadak, mobil akan cenderung tetap bergerak ke depan sejenak sebelum akhirnya berhenti. Hal ini merupakan contoh dari hukum inersia.

  3. Melempar Bola ke Arah Depan
  4. Saat Anda melempar bola ke arah depan, bola akan terus bergerak lurus ke depan hingga gaya gravitasi atau hambatan udara memperlambat geraknya.

  5. Benda yang Bergerak Mengelilingi Bumi
  6. Satelit alami seperti bulan mengelilingi Bumi dengan kecepatan konstan karena tidak adanya gaya eksternal yang signifikan yang mempengaruhinya.

  7. Menarik Kursi dari Meja
  8. Ketika Anda menarik kursi dari meja, kursi cenderung tetap diam hingga Anda memberikan gaya yang cukup besar untuk menggerakkannya.

  9. Membuang Sampah ke Lautan
  10. Jika Anda membuang sampah ke laut, sampah tersebut akan terus bergerak ke arah yang sama hingga terpengaruh oleh arus laut atau gaya lainnya.

  11. Melompat dari Tempat Tinggi
  12. Saat Anda melompat dari tempat tinggi, Anda akan tetap bergerak ke bawah dengan kecepatan konstan akibat gaya gravitasi yang bekerja.

  13. Sepeda yang Melaju
  14. Saat Anda mengayuh sepeda, sepeda akan tetap bergerak maju kecuali ada hambatan jalan atau gaya external lainnya yang mempengaruhinya.

  15. Berpindah dari Tempat Duduk di Bis
  16. Saat bis berhenti secara mendadak, penumpang cenderung tetap berada di tempat duduknya karena hukum inersia.

  17. Menggulingkan Botol di Meja
  18. Jika Anda memperoleh botol di meja, botol akan tetap bergerak hingga terdapat gaya gesekan yang memperlambat gerakannya.

  19. Melempar Benda ke Arah Lain
  20. Saat Anda melempar benda ke arah lain, benda tersebut akan terus bergerak ke arah yang Anda lemparkan kecuali ada pengaruh gaya lain yang memengaruhi pergerakannya.

Simak Teliti Konsep Hukum Newton 1 untuk Memahami Dunia Fisika Lebih Lanjut